Menjelajahi 7 Pantai indah di Selatan Bali

Hello everyone! Setelah absen ngeblog hampir sebulan lebih karena sibuk dapet kerjaan part time, saya akhirnya balik menulis lagi hehee. Kali ini saya mau membagi cerita tentang pantai-pantai di Bali Selatan. Awalnya saya nggak niat mengadakan trip ke Bali, tapi berhubung dapat tiket gratis dari TigerAir Mandala ya saya langsung merencanakan perjalanan saya. Sedihnya, baru mau promosiin TigerAir Mandala yang telah berbaik hati memberi saya tiket gratis, eh sekarang malah tutup. Sedih deh klo low cost carrier pada tutup, tiket murah jadi jarang lagi dong hehe.

Niat trip yang serba mendadak membuat saya menjadi solo backpacker lagi. Tetapi H-Seminggu sebelum menjelajah Bali Selatan, saya iseng-iseng bikin ajakan trip di www.backpackerindonesia.com eh ada yang respon, jadilah saya bertualang bersama dua rekan traveller baru yaitu om oka dan bro fadli. Kami janjian bertemu di Bali karena jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Karena oka dan fadli sampai lebih dulu, mereka berdua jalan duluan ke desa trunyan dan baru bertemu dengan saya keesokan harinya.

Saya sampai rabu sore tanggal 28 mei dan segera menuju gang legendaris para backpacker yaitu popies lane. Saya dapat penginapan seadanya karena nggak sempet browsing di internet. Saat itu lagi musim liburan jadi daerah popies lane rame banget sama bule2 mancanegara. Malemnya oka dan fadli dateng dan mengajak saya buat makan di rm.padang terdekat, keesokan harinya baru deh kami menjelajah pantai-pantai keren di selatan bali. Kami menuju pantai berbekal sewa sepeda motor dan dibantu dengan google maps.

Berikut pantai yang kami jelajahi:

  1. Pantai nusa dua

Pantai ini merupakan destinasi awal kami karena letaknya di timur kawasan selatan bali. Pantai ini berada di wilayah BTDC (Bali Tourism Development Corporation). Pantai nusa dua cukup bagus untuk dinikmati, yang paling khas disekitar pantai ini ada sebuah pertunjukan ombak yang menghantam karang alami yang dinamakan water blow. Jalan untuk menuju waterblow sudah dirapikan dengan lantai kayu dan beberapa bagian disemen. Dinamakan waterblow mungkin karena setelah ombak menghantam karang, maka air akan memancar keatas, seakan-akan menampar karang. Siap-siap basah kalau anda terlalu dekat dengan karang. Kawasan ini sudah dikelola dengan baik karena ada juga beberapa patung besar seperti arjuna.

 

Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua

Water Blow

Water Blow

Water Blow

Water Blow

  1. Pantai geger

Pantai ini lokasinya tepat di belakang hotel Niko dan tidak jauh dari pantai nusa dua. Awalnya kami pikir ini adalah pantai private karena bersebelahan dengan hotel Niko, tetapi begitu parkir motor dan bertanya kepada security, orang umum juga boleh masuk dan tidak dikenakan biaya, yeeay! Pantai geger terlihat menawan dan rapih, mungkin karena berdampingan dengan hotel jadi kerapihan pantainya selalu terjaga. Ada juga seorang penjaga pantai yang duduk di atas kursi tinggi. Kebanyakan pengunjung disini adalah orang asing, mungkin karena rate hotel yang cukup wah sehingga tidak banyak turis lokal yang datang. Di ujung pantai ada sebuah pura yang letaknya diatas bukit kecil.

Pantai Geger

Pantai Geger

 

  1. Pantai pandawa

Pantai pandawa juga merupakan salah satu pantai indah di selatan bali. Pantai ini mungkin cukup terkenal di kalangan turis domestik karena banyak bis-bis rombongan ibu-ibu atau tur lokal yang mampir. Sebelum menuju pantai pandawa, kita akan melewati beberapa patung besar tokoh pandawa lima seperti nakula, sadewa, dll. Jalan menuju pantai juga cukup bagus ditambah pemandangan gunung karang yang dibelah mirip seperti pemandangan di Garuda Wisnu Kencana.

 

Patung Nakula

Patung Nakula

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

  1. Pantai gunung payung

Pantai gunung payung adalah pantai terindah selama tur di selatan pulai bali, selain karena saya belum (dan akan) mengelilingi pantai di pulau dewata ini. Dinamakan gunung payung karena berada dekat dengan pura gunung payung. Pantai ini letaknya gak tersembunyi, dan untuk menuju pantai kita diharuskan menuruni ratusan anak tangga. Tetapi semua anak tangga itu tidak seberapa dibandingkan pemandangan yang akan kita temui di bawahnya. Pantai ini hampir seperti pantai privat karena ketika saya kesana hanya ada 3-4 bule. Karena takjub dengan pemandangannya, saya dan oka langsung buka baju dan nyemplung disana haha..

 

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

  1. Pantai balangan

Pantai balangan juga memiliki sisi menarik, kita dapat menyaksikan pantai ini dari atas tebing sebelum menuju pantai. Tapi perlu diingat agar mengenakan sandal/sepatu di pantai ini karena karang yang ada cukup tajam. Awalnya saya tidak menyadari, tetapi setelah melihat beberapa turis asing yang berdarah karena kena karang saya segera memakai sandal lagi. Pengelola pantai ini masih tradisional dan belu tertata dengan baik.

 

Pantai Balangan

Pantai Balangan

  1. Pantai dreamland

Pantai dreamland saat ini mirip dengan pantai kuta, ramai dan padat. Yang membedakan mungkin hanya lokasinya. Sebelum masuk pantai ada pertokoan kecil yang menjual macam-macam keperluan turis. Tapi enaknya, dipantai ini juga banyak tukang jajanan seperti tukang basi dan tukang es kelapa, sehingga kalau tidak khawatir akan haus dan kelaparan haha..

 

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland

  1. Pantai padang-padang

Sebenarnya, trip kemarin kita tidak jadi kesini tapi langsung ke uluwatu menikmati sunset. Tetapi karena saya pernah kesini tahun lalu, jadi akan saya jelaskan juga keindahan pantai ini. Pantai padang-padang letaknya dekat dengan pura uluwatu. Untuk menuju pantai ini kita juga harus menuruni anak tangga seperti di pantai gunung payung. Pantai padang-padang jadi ngetop setelah masuk di film “Eat, Pray, and Love”. Tetapi itu adalah hal pantas karena memang indah untuk dinikmati. Dipantai ini banyak sekali turis asing yang datang untuk berjemur dan berselancar.

 

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang

Demikianlah trip singkat saya menjelajahi keindahan selatan pulau dewata bulan mei lalu. Semoga untuk trip selanjutnya bisa menjelajahi panorama keindahan negeri ini ke tempat-tempat baru yang fantastis. Salam ransel!

6 responses to “Menjelajahi 7 Pantai indah di Selatan Bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s