Wisata Keluarga di Lembang

Saya selalu penasaran jika mendengar kata Lembang, lebih khususnya Gunung Tangkuban Perahu. Alasannya sih sepele, karena ketika kuliah saya sempat berencana mengunjungi Tangkuban Perahu bersama teman-teman kuliah satu angkatan tapi batal. Maka Tangkuban Perahu menjadi salah satu travel list domestic saya, secara letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Kebetulan, dihari libur akhir Januari 2014 lalu, saya dapet ajakan trip dari teman kuliah saya. Tanpa piker panjang saya meng-iya-kan dan segera berkemas.

Lembang terletak di daerah Bandung Utara yang merupakan daerah perbukitan. Objek yang terkenal di Lembang salah satunya Observatorium Bintang Boscha, tapi sayangnya untuk datang kemari mesti daftar di web-nya dan hari libur nasional sudah dipastikan tutup. Karena hal itu, kami mencoret Observatorium ini dari daftar tempat yang harus di kunjungi, lagipula tempat ini adalah tempat penelitian Jurusan Astronomi ITB bukan tempat wisata umum hehe. Selain Boscha, masih banyak loh tempat wisata di Lembang.

How to get there

                Banyak opsi menuju Lembang. Jika naek kendaraan umum, tinggal cari bis kearah Terminal Leuwi Panjang kemudian naek DAMRI ke arah Ledeng. Dari Ledeng naik angkot putih ke Lembang. Kalau membawa kendaraan pribadi, ketika keluar Tol Pasteur, segeralah cari jalan kearah timur, kemudian cari Jl. Dr Djunjunan/jalan ke arah UPI Bandung. Kami sendiri ke Lembang menggunakan jasa bis, dan di Terminal Leuwi Panjang nyewa mobil (karena bawa pasukan 10 orang hhehe).

De Ranch

De Ranch merupakan peternakan sekaligus tempat wisata. Isinya sangat cocok untuk keluarga kecil karena banyak area bermain anak. Jika anda ingin bergaya seperti cowboy, tempat ini sangat cocok karena ada juga penyewaan kuda. Selain itu, penjaga dan karyawan De Ranch juga banyak yang memakai atribut ala cowboy. Untuk masuk kita membayar tiket yang cukup murah (saya lupa harganya), tiketny juga bisa ditukarkan dengan susu murni yang ada didalam. Selain isinya arena bermain anak dan lapangan rumput yang luas, ada juga cafeteria yang menjual bermacam-macam makanan seperti tahu susu, sosis bakar, kentang goring, dll.

De Ranch, tempat para koboy

De Ranch, tempat para koboy

Padang Rumput di De Ranch

Padang Rumput di De Ranch

Patung kuda dan peta

Patung kuda dan peta

Gunung Tangkuban Perahu

Dari Maribaya tempat saya menginap, kawasan wisata Tangkuban Perahu deket banget. Ancer-ancernya adalah ada markas brimob kemudian belok kiri (ada papan penunjuk jalan ke Tangkuban Perahu). Bicara tentang Gunung Tangkuban Perahu tak lepas dari legenda Sangkuriang, dimana doi naksir dan mau menikahi ibunya sendiri Dayang Sumbi, untuk menggagalkan niat tsb, Dayang Sumbi meminta untuk membuat perahu dalam semalam, tapi usaha Sangkuriang gagal dan dia marah kemudian menendang perahu tsb, dan jadilah gunung ini dinamakan Gunung Tangkuban Perahu karena dari jauh mirip perahu yang terbalik.

Saat saya kesini (1 februari 2014), ramenya bukan main. Banyak wisatawan local dan asing terutama dari Korea dan Jepang yang datang. Hal ini membuat antrian cukup panjang di gerbang masuk. Udara di sekitar area Gunung Tangkuban Perahu cukup sejuk. Kiri-kanan masih disuguhi oleh hijaunya hutan. Ada juga kawah dan mata air panas, yang paling terkenal adalah kawah putih. Pemandangan dari Gunung Tangkuban Perahu cukup fantastis karena bisa melihat langsung kawah gunung yang masih aktif. FYI karena gunung ini masih aktif, sampai saat ini PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) masih memantau aktivitas tersebut. Pokoknya belum ke Lembang kalau belum kesini hehe..

welcome to Tangkuban Parahu

welcome to Tangkuban Parahu

Asap dari Kawah

Asap dari Kawah

tangkuban3

Floating Market

Ini adalah salah satu tempat wisata yang unik. Karena mirip sama pasar yang ada di Banjarmasin, yaitu pasar terapung. Bedanya kalau di Banjar pakai sungai alami, tetapi di Floating Market ini  pake sungai buatan. Masuknya sama seperti di De Ranch, kita bayar dan dapat free minuman (kopi, susu, coklat). Arealnya cukup luas dan terlihat masih baru. Jika ingin belanja di Pasar Terapungnya kita bisa menukarkan uang ke loket yang tersedia dan dikasih kupon. Rata2 yang dijual sih makanan dan minuman, tidak seperti di tempat aslinya yang berjualan sayur, buah, dsb. Sayangnya kami tidak bisa berlama-lama karena cuaca yang kurang bersahabat.

Floating Market

Floating Market

IMG_20140208_094256

Pabrik Tahu Susu

Menjelang kepulangan kami ke Ibukota, teman saya yang hobi wisata kuliner mengajak kami mengunjungi pabrik tahu susu. Awalnya saya kurang tertarik, karena saya juga pernah mengunjungi pabrik tahu di dekat rumah nenek saya di Jombang, yang ada malah bikin illfeel hehe. Tetapi ketika kami ke pabrik tahu susu di Lembang, kenyataanya berbeda 180 derajat. Pabriknya bersih dan bisa dilihat orang umum. Ada juga stand yang menjual tahu susu yang mentah dan yang sudah diolah. Teman saya yg cewe langsung pada borong tahu dan beli tahu mendoan dan tahu goreng. Pas saya coba rasanya enak bingit, tahunya lembut seperti jelly, saya pun langsung deh saya beli juga buat oleh2 emak di rumah hehe..

sumber: id.openrice.com

sumber: id.openrice.com

Overall, liburan singkat saya di Lembang cukup menyenangkan. Tapi lebih enak lagi kalau sudah punya keluarga (istri n anak), karena banyak tempat wisata yang marketnya adalah keluarga. Yang jadi catatan adalah jika liburan ke Lembang/Bandung pas hari kejepit mending ditunda, karena MACET nya gak santai. Mirip sama keadaan jam2 kantor kalau lagi di Jakarta. Rencana kami yang awalnya 3 hari jadi 2 hari karena alasan tersebut. Selain itu saat kami kesana, tol Cipularang sedang longsor jadi menghindari macet ketika pulang, kami balik lebih awal karena hari senennya semua peserta masuk kantor seperti biasa. Jangan lupa membawa jaket (kecuali kalau anda biasa tinggal di Negara 4 musim), karena udara Lembang di malam hari cukup dingin bagi saya yang sehari-hari tinggal di Jakarta.

6 responses to “Wisata Keluarga di Lembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s