Tanjung Lesung, Keindahan di Ujung Banten

Sebenarnya saya sudah lama ingin jalan-jalan ke Tanjung Lesung. Awal perkenalan saya dengan Tanjung Lesung berawal dari ex guru bahasa Indonesia saya ketika SMA, Pak Absony yang giat mempromosikan Tanjung Lesung. “Tanjung Lesung itu dekat dari kampung saya, pantainya juga putih dan bersih”, katanya di sela-sela pembelajaran. Otomatis terekamlah ingatan tersebut sampai seorang bloger kondang mbak trinity mengulas tentang keindahan Tanjung Lesung. Tidak tanggung-tanggung, Mbak T malah menjuluki sebagai Pantai Terbaik di Pulau Jawa. Makin penasaran deh saya hehe. Tanjung Lesung ini berada di Labuan, Banten.

                Awalnya pada tahun 2009-an, saya diajak oleh teman-teman alumni SMP agar reuni ke Tanjung Lesung. Giranglah saya dan segera mengiyakan ajakan tersebut, dan berangkatlah beberapa teman saya survey kesana. Tapi sayangnya karena pada saat itu minim informasi dan akomodasi, terpaksalah dibatalkan dan dialihkan ke Pantai Anyer (hiks).  Waktu kemudian berlalu, keinginan saya untuk menapaki pantai dan berenang di Tanjung Lesung pun belum padam, tsaaah. Pertengahan tahun 2013, saya pun mengambil inisiatif untuk memprovokasi beberapa teman akrab semasa kuliah untuk kemari. Pada awalnya mereka exticed, tapi lama kelamaan dengan kesibukan kerja masing-masing rencana trip ini pun menguap begitu saja (hiks lagi).

                Lalu pada akhirnya, sohib saya yang sekaligus travel gak kondang Sinta mengajak saya untuk kemari. Trip ini diadakan bareng rekan-rekan dari paguyuban KSE UI (Karya Salemba Empat), tetapi beberapa sudah saya kenal sebelumnya. Karena saya mudah diajak travel ya ikutlah saya dalam trip ini. Trip ini dikomandoi oleh Alfanza, yang merupakan teman sejurusan saya pula di kampus. Awalnya ada 14 orang yang akan ikut, tapi sampai hari-H hanya 10 orang yang bisa. Btw, kami menyewa elf biar muat banyak. Kami janjian berkumpul di sekre KSE di jalan margonda dan berangkat jam 1 dini hari biar bisa dapat Sunrise. Saya karena malas untuk pulang ke Bekasi kemudian ke Depok mengambil inisiatif langsung ke Depok dari kantor. Saya ke Depok naik kereta AC, dan yang bikin saya ilfil adalah penuhnya ampun-ampunan. Saya seperti ikan pepes di dalam kereta haha..

TJ2

                Perjalanan ke penginapan lancar, jam 6 kami sudah sampai di penginapan. Tapi kok saya merasa ada yang aneh ya. Usut punya usut, ternyata si Panja sedikit kena tipu. Di web infonya penginapan ini ada di Tanjung Lesung, pas sampai kita ada di Pantai Carita, GUBRAKKK!! Naasnya kita msh blm bisa checkin karena kepagian haha. Tapi karena orangnya masih muda-muda jadi dibawa seneng aja, kami malah maen2 di sekitar Pantai Carita dan ngobrol ngalur ngidul. Jam 1 siang kami berangkat ke Tanjung Lesung. Ditengah perjalanan hujan turun dengan derasnya, kami sempet kena macet karena banjir dan perbaikan jalan. Kamipun sampai di Tanjung Lesung pukul 16.00.

TJ4 TJ1

                Btw, Tanjung Lesung sendiri merupakan pantai yang berada di dalam sebuah resort. Untuk orang umum yang tidak bobo di resort, diperbolehkan masuk dengan biaya yang saya lupa harganya. Ada 2 pantai yaitu Pantai Bodur dan Pantai Beach Club. Lucunya, kami nggak boleh masuk Bodur Beach dengan alasan kesorean. Daripada kecewa kami segera ke Beach Club Beach, agak spooky sih soalnya sepi da nada satpam yang jaga pantainya. Setelah nego, kami diperbolehkan masuk. Pantai Beach Club sendiri sangat bagus menurut saya. Pasirnya halus berwarna putih, airnya jernih, dan tidak ada ombak. Saya pun langsung nyemplung dan berenang-renang di pantai tak berombak ini.

                Di ujung pantai ada dermaga yang mirip di Ancol. Kami menikmati sunset disini, dengan panorama terumbu karang di bawah dermaga. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan berenang karena karangnya licin dan tajam. Kejadian lucu lainnya, tiba-tiba ada beberapa pengunjung yang lari ketakukan. Setelah ditanya, katanya ada Babi hutan di sela-sela hutan mangrove. Saya tertawa dan senang, berarti pantai ini masih alami hehe. Puaslah rasa penasaran saya, review mbak T dan blogger lain memang benar, bahwa Tanjung Lesung adalah salah satu Pantai terbaik yang menempel di Pulau Jawa. Bagi yang ingin ke Tanjung Lesung, saran saya carilah penginapan yang tepat. Jangan sampai tertipu seperti kami yang waktu tempuh antara penginapan saya di Carita-Tanjung Lesung itu kira-kira 3 jam. Perhatikan juga musim, lebih baik ke Tanjung Lesung pada puncak musim kemarau yaitu Juni-Juli. 

Tanjung Lesung TJ5 tj3

5 responses to “Tanjung Lesung, Keindahan di Ujung Banten

  1. Halo Kami dari www.indonesiavirtual.com ingin mengajak rekan rekan blogger untuk berpartisipasi dalam gerakan #KenalIndonesia.

    Silahkan visit www.indonesiavirtual.com untuk melihat koleksi foto 360 derajat tentang Indonesia dan silahkan copy embed code Pantai Tanjung Lesung untuk menarik file foto 360 derajat tersebut ke dalam blog kalian. Ayo bantu misi kami untuk “mengibarkan bendera” Indonesia ke dunia!

    Link Embed Code Pantai Tanjung Lesung di sini :

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=167

    Salam #KenalIndonesia

    Notes : pertanyaan lebih lanjut silahkan email Support@indonesiavirtual.com

Tinggalkan Balasan

