Kunjungan singkat ke Waduk Jatiluhur

Ketika masih kuliah, yang saya sukai dari jurusan saya (Geografi) adalah masa setelah UAS. Biasanya beberapa mata kuliah ada “field trip” atau kuliah lapang ke tempat yang bersangkutan dengan mata kuliah yang diambil. Kebetulan saat itu masih tahun kedua dan saya baru saja mempelajari mata kuliah Hidrologi. Inti dari mata kuliah ini adalah mempelajari sungai baik itu jenis sungai, debit, penampang melintang, dll. Saat itu dosen yang bersangkutan mengajak kami untuk berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Setelah dibentuk panitia kecil, maka berangkatlah semua peserta mata kuliah tsb.

jatiluhur

Kami berangkat dari Depok menuju Purwakarta dengan mencharter  1 bis. Waduk Jatiluhur sendiri berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Waduk Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Waduk ini mempunyai nama lain yaitu Waduk Ir. H. Juanda. Selain untuk PLTA, waduk ini mempunyai banyak fungsi yaitu untuk irigasi, penyediaan bahan baku air minum, budidaya ikan, pengendali banjir, dll.

Setelah sampai kami pun disambut oleh Perum Jasa Tirta II selaku pengelola dan diberi arahan mengenai  waduk tsb. Bentuk konstruksi waduk ini cukup unik menurut saya, karena dibangun dengan cara menyusun batu-batu besar seperti halnya batu yang berada di rel kereta api (tentu ukurannya juga berbeda). Hal ini dimaksudkan agar waduk ini tahan terhadap gempabumi. Diatas waduk terdapat jalan dan turbin raksasa. Sayangnya, saat saya kesana cuaca sedang tidak bersahabat karena mendung. Pihak pengelola lalu memberitahu kami agar tidak berlama-lama jalan di atas waduk, takut tersambar petir (sudah ada beberapa korban). Diluar bahaya itu, pemandangan disana cukup indah untuk dinikmati. Karena pada saat itu belum punya kamera digital jadi fotonya hanya sedikit (sekarang punya, tapi punya kantor :p)

PICT0070 PICT0097

One response to “Kunjungan singkat ke Waduk Jatiluhur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s