3 Jenis genre film yang “absurd”

Selain travelling dan gaming, hobi saya selanjutnya adalah nonton film. Pertama kali ke bioskop itu ketika kelas 3 SD, dianter kakak sepupu saya yang sudah kuliah pada tahun 1995. Film yang saya tonton adalah “Jumanji”. Setelah itu saya dibelikan VCD player untuk menonton film anak2, kemudian menginjak SMA saya nabung sedikit2 untuk beli DVD player, dan saat itulah hobi nonton film saya kembali lagi. Kalau saat ini saya lebih banyak nonton di laptop karena banyaknya film yang di share di situs tertentu.

Kembali ke topik genrre film, ketika kuliah saya mulai sering buka “kaskus”. Disinilah saya mengenal adanya genre film baru yang tidak biasa dan hanya digemari oleh kalangan tertentu. Awalnya saya hanya iseng membuka forum Disturbing Picture (DP) di Kaskus. Tapi karena mual kemudian saya beralih untuk menonton film yang agak DP saja. Forum tsb ditujukan untuk anak2 kedokteran dan mereka yang bekerja sebagai  ahli forensik. Setelah saya amati perkembangan film, ternyata ada 3 genre film yang cukup “absurd” bagi saya yaitu Gore, Scat, dan Snuff.

Saya peringatkan untuk jangan mencoba menonton 3 genre ini supaya tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan, kecuali memang kuat menahan rasa “tidak nyaman” saat menonton.

Film gore atau splatter film adalah sub dari genre film Horor. Film ini menggambarkan adegan kekerasan secara visual. Menampilkan bagian tubuh yang terluka, mutilasi, dsb. (sumber: wikipedia dgn tambahan). Gore sendiri berarti darah beku, tusuk, menanduk, dll. Jadi intinya gore adalah film sadis yang tidak layak ditonton oleh anak kecil. Contoh film yang mengandung unsur gore adalah Hostel, SAW, Texas Chainsaw Massacre, Grotesque, etc. Film gore juga pernah sudah diproduksi oleh sineas lokal yaitu Rumah Dara.

rumah dara

(sumber : wikipedia)

 Genre film absurd selanjutnya adalah Film Scat, film ini pada intinya adalah film yang mengekploitasi dan menampilkan feses (kotoran manusia) secara terang-terangan. Contoh film yang saya pernah liat yaitu Jackass. Mungkin ada lebih banyak lagi terutama dari Jepang, tapi karena saya tidak minat dan tidak mau muntah jadi saya menonton film scat yang ringan saja hehe.

jackass 3.5

(sumber : imdb)

 Lalu genre terakhir yang absurd adalah film snuff. Film snuff sendiri adalah film yang menggambarkan pembunuhan secara sebenarnya, dengan atau tanpa efek khusus, untuk tujuan distribusi atau eksploitasi keuangan (wikipedia). Bahkan terkadang film ini berisi tentang eksekusi nyata di zona perang atau tempat-tempat yang berbahaya. Jujur saya tidak berani untuk melihat genre film ini karena sudah melewati batas untuk saya lihat.

 Ada kejadian menarik tentang genre snuff ini. Waktu kelas 2 SMA tersebarlah video snuff tentang eksekusi tahanan amerika dalam perang Irak. Tiba-tiba kakak kelas saya yang habis nonton film itu mendadak tubuhnya dingin dan “kesurupan”. Heboh lah sekolah saya, bukannya kapok malah video tersebut laris-manis di-bluetooth oleh kawan2 saya yang lain. Pada saat giliran saya menonton pun saya tiba2 lemes dan kehilangan selera makan hehe

8 responses to “3 Jenis genre film yang “absurd”

  1. Dulu menjelang umur 20an, saya masih suka nonton film-film ‘sadis’ gitu. Tapi begitu masuk umur 30an kayak sekarang, udah ngga minat blasss😀
    Btw, salam kenal ya🙂

    • udah pernah ntn smua genre nya bro? Iya keren rumah dara, kebanyakan film gore emg kurang explore dr unsur cerita. Lbh menampilkan efek “darah” dan kekerasan sih menurut saya

Tinggalkan Balasan

